Cara Tarik Tunai Kartu Kredit dengan Bunga Rendah

Fasilitas tarik tunai biasanya tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kartu debit, bahkan kini fasilitas tarik tunai kartu kredit telah dijadikan sebagai daya tarik tersendiri dari penggunaan kartu ajaib ini. Cara melakukan penarikan uang tunai pada kartu kredit memiliki kesamaan dengan cara tarik tunai pada kartu debit, yaitu nasabah diharuskan menarik dana tunai melalui ATM yang memang dikhususkan untuk nasabah bank tertentu tersebut. Yang membedakan sistem tarik tunai kartu debit dengan kartu kredit adalah jumlah nominal penarikan uang tunai. Jika pada kartu debit dapat ditarik sebanyak tabungan yang nasabah miliki, maka kartu kredit memiliki nominal terbatas sesuai dengan plafon yang diberikan olah pihak otoritas penerbit kartu.

 

Untuk melakukan penarikan tunai pada kartu kredit, biasanya para pemegang kartu akan dibebankan biaya tertentu dengan besaran biaya antara 4-5% dari total nominal yang ditarik, atau minimal sebesar 100 ribu rupiah. Hal inilah yang terkadang membuat para pemegang kartu kredit menjadi terbebani dan malas untuk melakukan penarikan tunai dengan menggunakan kartu kredit melalui ATM resmi dari otoritas penerbit kartu kredit.

 

Besarnya biaya beban tersebutlah yang kemudian banyak memunculkan jasa gesek tunai yang dilakukan oleh beberapa merchant tertentu. Merchant tersebut akan memberikan jasa tarik uang tunai kartu kredit, bagi para pemilik dan pemegang semua kartu kredit yang diterbitkan oleh bank-bank di Indonesia. Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh merchant terkait dengan penarikan uang dengan kartu kredit, antara lain adalah:

 

  • Biaya beban penarikan yang lebih ringan karena kartu di gesek dengan status pembelian barang retail.
  • Jumlah nominal yang ditarik tidak terbatas pada plafon penarikan tunai, namun terbatas pada plafon kartu kredit itu sendiri.

 

Meskipun membebankan bunga yang ringan, tarik tunai kartu kredit dengan menggunakan jasa gesek tunai, tetap akan membebankan bunga yang tinggi, jika para pemegang kartu tidak dapat melunasi secara penuh tagihan disetiap akhir periode pembayaran. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan dana tunai, ada baiknya Anda mengakses jenis pinjaman tanpa agunan dengan bunga yang ringan dan cicilan tetap setiap bulannya, seperti yang disediakan oleh program pinjaman Dompetku dari Indosat Ooredoo.