Inilah Jenis Vaksinasi pada Imunisasi

jenis vaksinasi

Jenis Vaksinasi – Salah satu jenis vaksin yang diberikan ketika imunisasi adalah vaksin DPT. Vaksin DPT ini diberikan dengan tujuan untuk menghindarkan si kecil dari penyakit tetanus, difteri dan juga pertusis (batuk rejan). DT artinya dapat melindungi si kecil dari penyakit diftteri dan tetanus, sedangkan TT artinya dapat melindungi tubuh si kecil dari bahaya penyakit tetanus. Pemberian imunisai DPT dilakukan dengan menggunakan metode injeksi itramuskular. Untuk pemberian vaksin DPT pada bayi akan dilakukan pada saat bayi berusia enam minggu, sepuluh minggu dan empat belas minggu yang terdiri dari tiga dosis utama dari vaksin DPT. Usia selanjutnya dari lima belas bulan sampai dengan delapan belas bulan dan lima tahun akan kembali diberikan pengulangan vaksin DPT. Ketika usia sepuluh tahun maka akan diberikan dosis Tdap dan akan diulangi lagi setiap kelipatan 10 tahun.

Kemudian  jenis vaksin berikutnya yang akan diberikan ketika imunisasi adalah vaksin polio. Vaksin polio ini diberikan dengan tujuan untuk menghindarkan si kecil dari bahaya polio. Kita tahu bahwa polio merupakan salah satu penyakit medis yang sangat serius dan memberikan akibat yang fatal bagi penderitanya. Penyebab dari penyakit polio adalah virus polio. Ketika tubuh si kecil terinfeksi penyakit ini maka akan menyebabkan terjadinya infeksi pada ususnya. Setelah menginfeksi usus, virus ini kemudian akan menginfeksi seluruh sistem syaraf seperti penyakit meningitis. Setelah terjangkit virus polio, maka akibatnya dapat berupa cacat permanen seperti lumpuh dan bahkan yang lebih parah lagi adalah kematian. Maka dari itu penting untuk memberikan vaksinasi polio sejak dini pada si kecil.

Si kecil yang sudah diimunisasi akan membuat Anda menjadi lebih tenang karena tidak perlu takut lagi mengenai risiko si kecil mengalami suatu penyakit mematikan. Ada banyak jenis imunisasi yang manfaatnya dapat memberikan kekebalan pada si kecil pada jenis penyakit tertentu seperti hepatitis B, pertusis, tetanus, TBC, campak dan lain sebagainya dengan cara imunisasi BCG sejak bayi.

Jadi, untuk para ibu janganlah takut untuk membawa anak Anda Imunisasi bayi. Sebab manfaatnya sangatlah baik bagi anak Anda, usahakan bawa si kecil imunisasi tepat waktu sesuai jadwalnya. Tujuannya agar anak Anda mendapatkan perlindungan secara menyeluruh dengan lebih baik lagi. Berkonsultasilah dengan puskemas atau rumah sakit mengenai jadwal imunisasi si kecil. Biasakanlah melakukan imunisasi dengan teratur sejak dini, ya.