Jenis Jenis Ruam Akibat Alergi Pada Bayi

Jenis Jenis Ruam Akibat Alergi Pada Bayi

Panik menjadi salah satu respon awal yang ditunjukan orang tua saat si kecil memperlihatkan gejala alergi. Padahal, penanganan awal yang tepat dan efisien di rumah dapat meringankan gejala tersebut dengan cepat.

Biasanya alergi ringan yang terjadi pada bayi berupa reaksi gatal gatal disertai ruam. Ruam sendiri adalah kondisi kulit iritasi disebabkan penyakit kulit yang sensitif, radang kulit, atau pengaruh obat obatan yang tidak cocok di kulit. Alergi ini dapat diatasi dan disembuhkan dengan cara cara yang akan kami sebutkan dibawah ini.

Cara mengatasi ruam dan gatal pada bayi

Yang pertama, anda harus mengetahui jenis bintik merah pada bayi tersebut terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk segera mengatasi ruam yang terjadi pada kulit bayi yang sensitif. Karena, ada beberapa jenis ruam yang bisa menyebabkan kematian.

Ruam harus ditangani segera oleh dokter, atau bisa juga anda atasi dengan memberikan bedak khusus, lotion, atau salep khusus.

Beberapa jenis ruam pada kulit bayi

  • Biang keringat
    Umumnya terjadi di area leher, punggung, jidat, belakang telinga, dan juga bagian bokong bayi setelah memakai popok. Bisa terlihat dengan adanya kulit yang menjadi merah, bergelembung kecil disertai rasa gatal, kondisi ini pun akan menyebabkan bayi rewel. Penyebabnya sendiri adalah udara yang panas dan polah si bayi saat beraktivitas. Cara menghilangkannya bisa dengan menggunakan pakaian yang longgar dan pastikan pakaiannya berbahan dasar katun yang mudah sekali menyerap keringat bayi. Tambahkan juga penggunaan diaper rash cream untuk mencegah terjadinya biang keringat pada bayi yang
    biasanya sering muncul di area bokong bayi. Diaper ini mengandung zinc oxide senyawa pelindung yang terasa lembut, melindungi kulit dengan Allantoin agar tidak mudah iritasi, mengurangi rasa gatal dan iritasi yang disebabkan oleh penggunaan popok dengan Witch Hazel Extract.
  • Rubella
    Atau campak Jerman ini diakibatkan oleh virus rubella dan mudah sekali menyebar dengan hanya menghirup udara dari air liur yang dikeluarkan oleh pengidapnya ketika batuk atau bersin. Jangan menggunakan peralatan makan atau minuman yang sama dengan penderitanya. Gejala rubella pun sama seperti ruam pada umumnya seperti muka kemerahan yang menyebar
    keseluruh tubuh. Penderitanya pun tidak memiliki nafsu makan, mata iritasi, dan sakit yang sangat terasa pada persendian.
  • Cacar air
    Varisela atau cacar air disebabkan karena virus yang bernama varisela zoster. Gejalanya sendiri ditandai dengan bintik merah serta kulit yang melepuh. Jika terkena suhu dingin, cacar akan terus bertambah, maka dari itu pengidap cacar air tidak boleh terkena air. Cara mengobatinya bisa dengan menurunkan demam terlebih dahulu. Berikan obat paracetamol dan lotion untuk
    dioleskan pada cacarnya.
  • Selulitis
    Suatu kondisi dimana infeksi terjadi pada jaringan kulit. Alergi yang satu ini cukup serius dan harus segera ditangani oleh dokter spesialis kulit. Kulit akan terasa sakit jika mendapatkan sentuhan dan terasa panas bahkan menimbulkan bengkak dengan munculnya warna kemerahan seperti ruam pada kulit. Bagian kaki merupakan area yang sering dihinggapi selulitis ini, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada bagian tubuh lainnya. Alergi ini pun dapat menyebar dengan cepat kebagian tubuh lainnya.

Inilah beberapa jenis ruam, penyebab, dan jenis alergi pada bayi. Maka dari itu, anda sebagai orang tua
harus lebih mewaspadai dan harus mempelajari cara menanganinya dengan tepat dan cepat supaya bayi
bebas dari penyakit kulit.