Manfaat Dibalik Rasa Manis dan Asam Buah Stroberi  

 Manfaat Dibalik Rasa Manis dan Asam Buah Stroberi   

Buah stroberi, siapa yang tidak mengenal dengan buah imut bewarna merah yang satu ini ? Ya, buah stroberi cukup familiar tentu oleh sebagian besar masyarakat kita. Rasanya yang manis dan asam segar menjadikan buah stroberi banyak disukai oleh masyarakat di berbagai usia. Nah, tahukah anda kalau dibalik rasanya yang manis dan asam segar tersebut, buah stroberi menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh ? Berikut ini beberapa manfaat dari buah stroberi untuk kesehatan tubuh :

  1. Baik Untuk Kesehatan Jantung – manfaat pertama yang bisa didapatkan dari buah stroberi adalah menyehatkan jantung. Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi buah stroberi paling tidak 24 buah dalam seminggu bisa menurunkan resiko terjadinya serangan jantung pada wanita lanjut usia. Hal ini berkaitan dengan karena di dalam buah stroberi terdapat kandungan antosianin. Tidak hanya itu saja, terdapat kandungan quercertin di dalam buah stroberi yang diketahui mampu untuk menurunkan resiko ateroklerosis yang terjadi karena kolesterol jahat, dimana ateroklerosis tersebut apabila terjadi bisa memicu penyakit jantung.
  2. Mengendalikan Kadar Gula Darah – buah stroberi juga memiliki manfaat untuk mengendalikan kadar gula darah agar tetap dalam kondisi normal. Indeks glikemik yang rendah pada buah stroberi menjadikan buah yang satu ini cocok dikonsumsi oleh mereka yang punya riwayat diabetes. Ditambah lagi juga buah stroberi kaya akan serat.
  3. Menurunkan Tekanan Darah – manfaat untuk kesehatan tubuh dari konsumsi buah stroberi berikutnya adalah dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan polifenol di dalam buah stroberi yang dipercaya mampu untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi agar berada di kondisi yang normal serta mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Tidak hanya itu saja, potasium yang ada di dalam stroberi pun bermanfaat untuk menjauhkan efek sodium di dalam tubuh, yang mana sodium bisa jadi pemicu naiknya tekanan darah.
  4. Bersifat Sebagai Anti-radang – terdapat kandungfan quercetin di dalam buah stroberi yang bersifat sebagai anti-radang sekaligus juga anti-kanker. Sehingga dapat memperkecil resiko kanker. Selain itu juga kandungan antioksidan di dalam buah stoberi bisa untuk secara efektif membantu dalam melawan radikal bebas, sehingga juga resiko kanker ataupun tumor bisa diminimalisir.