Mengatasi Dan Mengobati Penyakit Anemia Dengan Beberapa Cara

cara mengatasi anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Anemia atau kekurangan darah bisa terjadi atau menyerang siapa saja. Pada umumnya penyakit ini yang sering disebabkan adalah karena pendarahan yang berlebihan, atau rusaknya sel darah merah dan bisa juga disebabkan karena kekurangan pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Dan cara mengatasi penyakit anemia dan mengobatinya ini bisa anda lakukan sendiri. Misalnya dengan memahami atau mengetahui gejalanya secara pasti. Mengapa demikian? Sebab bagaimana Anda bisa mengetahui bila Anda sendiri tidak tau gejala penyakit anemia.

Anda dapat mengatasi dan mengobati penyakit anemia bisa anda lakukan dengan beberapa cara. Misalnya dengan cara pengobatan medis, seperti cek darah atau konsultasi dengan dokter atau yang ahli dibidangnya. Atau bisa juga dengan cara tradisional atau alami. Seperti dengan mengonsumsi obat herbal yang terbuat dari buah-buahan. Misalnya manggis dan juga daun sirsak.

Untuk mengobati anemia dengan manggis, Anda dapat memakan buahnya dan memanfaatkan kulitnya sebab kulit manggis memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas sel darah merah. Sementara daun sirsak, Anda dapat mengambilnya sebanyak 9 lembar daun sirsak kemudian anda rebus dengan 8 gelas air putih sampai akhirnya tersaring menjadi 2 gelas, setelah itu bisa Anda seduh. Khasiat daun sirsak sendiri yakni daun sirsak memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh penderita Anemia.

Dan yang paling utama untuk mengatasi penyakit anemia atau kekurangan darah ini adalah dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Seperti pola makan yang teratur, olah raga rutin, dan tetap menjaga kebersihan. Karena penyakit anemia ini bisa menyebabkan turunnya kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh menurun, maka berbagai penyakit akan mudah menyerang.

Selain itu untuk mengatasi penyakit anemia atau kekurangan darah, anda juga bisa mengatasinya dengan cara yang mudah yaitu dengan istirahat yang cukup, dan memenuhi kebutuhan gizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, keperluan metabolisme dan juga untuk meningkatkan sel darah dalam tubuh. Salah satunya dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Dengan begitu anda akan terhindar dari risiko penyakit anemia atau juga mengatasi dan mengobatinya bagi anda yang terserang penyakit tersebut.

Penyakit anemia atau kekurangan darah ini memang bukan termasuk penyakit yang membahayakan, namun jika anda membiarkannya berlarut-larut, bisa saja penyakit ini menjadi penyakit yang membahayakan bagi anda. Memang benar adanya pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh sebab itu sebelum anda terserang penyakit anemia, sebaiknya anda melakukan pencegahan seperti yang sudah di utarakan tadi sebelumnya. Seperti melakukan olah raga teratur di pagi hari, menerapkan pola makan yang teratur dan konsumsi makanan yang sehat, serta istirahat yang cukup jangan kurang jangan lebih.