Sektor Pertanian Indonesia

Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dan mempunyai keragaman yang banyak. Tentu ini merupakan suatu anugerah yang patut kita syukuri. Indonesia merupakan negara yang mempunyai letak geografis yang sangat strategis. Hal ini menjadikan indonesia sebagai negara yang berilkim tropis. Selain itu, bumi indonesia ibarat adalah tanah surga dimana hapir semua jenis tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan melimpah. Bahkan tanaman yang tidak sengaja di tanam pun bisa tumbuh dengan sendirinya. Keberagaman dan keistimewaan sektor pertanian indonesia bisa menjadi sumber pendapatan negara apabila mampu dikelola dengan maksimal dan bijaksana.

Namun pada kenyataannya, sampai saat ini masih banyak kekurangan – kekurangan yang ada pada sektor pertanian indonesia. Sebagai contoh kecil, bisa anda lihat dari sisi kesejahteraan para petani yang masih hidup dalam serba keterbatasan. Hal ini harus segera diatasi. . Pemerintah harus mengoptimalkan segala kemampuan dan sumber daya yang dimiliki bangsa indonesia. Salah satu kekayaan bangsa indonesia adalah dari sektor pertanian yang meliputi, bidang ternak, tanaman pangan dan perkebunan. Bagaimana cara meningkatkan pembangunan ekonomi lewat sektor pertanian ? dengan memberikan fasilitas, modal dan berbagai kebutuhan untuk bertani bagi para petani seperti penyediaan pupuk bersubsidi, peralatan yang memadai, dan bibit yang mudah didapatkan. Semua hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian. dengan meningkatnya kualitas hasil bumi tersebut diharapkan mampu menyediakan barang ekspor indonesia sehingga dengan hasil ekspor tersebut dijadikan modal untuk bidang pertanian tersebut.

Untuk mewujudkan peningkatan perekonomian dan pembangunan di indonesia berbagai hal dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara dari sektor pertanian. Beberapa program pertanian, penyediaan pupuk bersubsidi dan pelatihan – pelatihan terus ditingkatkan. Juga dilakukan pengajuan perizinan penanaman investasi di sektor pertanian. BKPM atau Badan koordinasi Penanaman Modal melaporkan adanya permohonan izin penanaman investasi pada sektor pertanian sebesar lima puluh enam koma tujuh puluh empat triliun rupiah dalam periode bulan oktober samapi dengan bulan juni ’15. Jumlah ini merupakan peningkatan daripada tahun sebelumnya.