Tips Mengatasi Masalah Biang Keringat Pada Anak

cegah biang keringat pada anak

Biang keringat atau Miliria merupakan sebuah problem kulit yang sering dialami seseorang yang mengeluarkan keringat secara berlebih. Biang keringat biasanya ditandai dengan timbulnya bintik-bintik kecil berwarna merah pada kulit. Selain pada kulit orang dewasa yang mengeluarkan keringat begitu aktif, gangguan biang keringat juga sering menyerang anak-anak. Perlu Bunda ketahui, ternyata justru si kecil yang lebih berisiko terkena gangguan biang keringat. Hal ini dikarenakan kelenjar keringat si kecil belum mampu berkembang secara sempurna, dengan demikian keringat mudah sekali tersumbat dalam pori-pori kulitnya si kecil. Lantas apa penyebab biang keringat pada anak kecil itu bisa terjadi? Biang keringat dapat terjadi karena adanya temperatur udara yang semakin meningkat.

Namun biang keringat pada anak bisa saja terjadi akibat tempat atau lingkungan sekitar beriklim dingin dan ditambah lagi ketika si kecil mengalami demam yang cukup tinggi. Ruam-ruam biang keringat biasanya terjadi pada daerah lipatan kulit atau pada bagian kulit yang terlalu sering tertutup oleh pakaian seperti punggung, leher dan sebagainya. Meskipun Miliria umumnya tak menimbulkan efek rasa nyeri, tetapi rasa gatal yang ditimbulkan oleh biang keringat sangatlah menyengat dan bisa saja menganggu kesehatan serta kenyamanan si kecil. Nah, jika si kecil mengalami biang keringat maka ada beberapa langkah yang bisa Bunda segera lakukan. Berikut langkah-langkah yang harus Bunda lakukan agar si buah hati terbebas dari Miliria :

  • Ketika kulit anak terasa lembap dan panas, bisa diartikan bahwa si kecil merasakan kepanasan. Untuk itu lepaskanlah pakaiannya, kemudian ajak si kecil ke tempat sejuk.
  • Usap keringat si kecil dengan menggunakan handuk lembut. Kemudian tempelkanlah waslap yang dingin dan bersih pada area kulit si kecil yang terkena miliria.
  • Gunakanlah krim khusus untuk membasmi biang keringat seperti Lifebuoy.
  • Bunda bisa memilih pakaian si kecil dari bahan kain yang mudah menyerap keringat dan ringan agar badan si kecil kulitnya mudah memperoleh sirkulasi udara.

Itulah tips untuk mengatasi biang keringat pada anak. Semoga bermanfaat !!