Waspada Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya Yang Beragam

Waspada Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya Yang Beragam

Gejala penyakit ginjal dan penyebabnya dapat dibagi menjadi 2, hal ini dikategorikan sesuai perjalanan penyakitnya yaitu gagal ginjal sayat beserta gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut dapat terjadi secara mendadak dalam waktu cepat serta kurang dari 3 bulan. Sedangkan gagal ginjal kronis yakni suatu keadaan gagal ginjal dimana kerusakan ginjal terjadi perlahan-lahan dan sudah terjadi lebih dari 3 bulan. Baik gagal ginjal akut ataupun kronis dapat menyebabkan kematian, pasalnya organ ginjal ialah salah satu organ yang paling penting di tubuh Anda.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut

Gejala penyakit ginjal serta penyebabnya merupakan kondisi yang lebih darurat dibandingkan gagal ginjal kronis. Pasalnya dari gagal ginjal akut ini dapat terjadi dengan cepat yang dapat merusak hampir keseluruhan organ ginjal sampai pada akhirnya akan menyebabkan kematian jikalau tidak mendapat pertolongan segera. Berikut ialah penyebab dari sakit ginjal akut :

  • Kurang cairan atau dehidrasi.
  • Beberapa jenis obat tertentu.
  • Infeksi.
  • Luka bakar.
  • Bencana alam dan juga kecelakaan.
  • Sumbatan saluran kencing.
  • Konsumsi petai maupun jengkol yang terlalu berlebihan.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Angka kejadian kasus gagal ginjal kronis lebih banyak dibandingkan dengan gagal ginjal akut. Hal ini dikarenakan penyebab sakit ginjal ini lebih umum daripada gagal ginjal akut. Hampir sebagian besar orang yang melakukan cuci darah umumnya diakibatkan oleh penyakit ini. Berikut ini penyebab dari gagal ginjal kronis yang paling umum terjadi :

  1. Diabetes melitus atau kencing manis.
  2. Darah tinggi.
  3. Radang yang terjadi pada ginjal.
  4. Penyakit ginjal polycystic.

Penyakit ginjal dan penyebabnya merupakan penyakit yang berbahaya serta dapat mengancam nyawa. Penyebab penyakit ginjal sendiri terdiri dari aneka macam hal. Namun setelah mengetahui apa saja penyebab penyakit ginjal, tentunya kita kini Anda dapat menghindari munculnya keadaan yang memicu terjadinya penyakit ginjal. Terutama untuk mengobati kencing manis, darah tinggi dan mencegah kondisi dehidrasi. Gejala penyakit ginjal sendiri sebenarnya kurang spesifik, bahkan sakit ginjal akut sendiri sering tidak menunjukkan gejala.